PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA PUTRA

Penulis

  • Martini Martini Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang
  • Elisa Murti Puspitaningrum Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang

Kata Kunci:

Pengetahuan, Kesehatan Reproduksi, Remaja Putra, Pendidikan Kesehatan

Abstrak

Kesehatan reproduksi remaja merupakan kondisi kesehatan yang menyangkut masalah kesehatan organ reproduksi, yang kesiapannya dimulai sejak usia remaja ditandai oleh haid pertama kali pada remaja perempuan atau mimpi basah bagi remaja laki-laki. Kesehatan reproduksi remaja meliputi fungsi, proses, dan sistem reproduksi remaja. Hal ini dapat menimbulkan konflik dalam diri remaja yang sering menimbulkan banyak tingkah laku yang aneh, canggung, dan kalau tidak dikontrol akan menimbulkan masalah akibat kurangnya pengetahuan terhadap kesehatan reproduksi diantaranya perilaku seksual berisiko, penggunaan obat terlarang kehamilan yang tidak diinginkan (KTD), aborsi, perkawinan dan pernikahan dini, IMS atau PMS dan HIV/AIDS. Kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi pada remaja. Metode kegiatan ini dengan memberikan penyuluhan secara langsung kepada kepada remaja putra yang berjumlah 35 orang. Diharapkan adanya kerja sama dan koordinasi antara pihak sekolah dengan puskesmas wilayah Wonosari untuk melanjutkan progam kesehatan reproduksi kepada remaja di MTS Muhammadiyah Wonosari.

Referensi

Antonia. (2023, September). Dampak Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja. Https://Www.Smakaquinasruteng.Sch.Id/Berita/Detail/983718/Dampak-Pergaulan-Bebas-Di-Kalangan-Remaja/#:~:Text=Pergaulan%20bebas%20dapat%20memiliki%20dampak,Dari%20teman%2Dteman%20atau%20masyarakat.

Ardiansyah. (2022, June). Kesehatan Reproduksi Remaja : Permasalahan dan Upaya Pencegahan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/29/kesehatan-reproduksi-remaja-permasalahan-dan-upaya-pencegahan

DP3AP2KB Kab Kotim. (2023). Forum Anak Daerah : Peran Penyuluhan Bahaya Seks Bebas pada Usia Dini untuk Melindungi Anak-anak dari Dampak Negatifnya. Https://Dp3ap2kb.Kotimkab.Go.Id/2023/11/28/Forum-Anak-Daerah-Fad-Kab-Kotim-Peran-Penyuluhan-Bahaya-Seks-Bebas-Pada-Usia-Dini-Untuk-Melindungi-Anak-Anak-Dari-Dampak-Negatifnya/.

Gunarso, S. D. (2007). Psikologi Praktis : Anak, Remaja dan Keluarga. PT. BPK. Gunung Mulia.

Kertono, K. (2008). Psikologi Remaja. PT. Rosa Karya.

Mulyono, B. (2005). Pendekatan Analisis Kenakalan Remaja dan Penanggulangannya. Kanisius.

Peraturan Pemerintah RI. (2014). Peraturan Pemerintah No 61 Tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-26

Cara Mengutip

Martini, M., & Puspitaningrum, E. M. (2024). PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA PUTRA. JOMUSE : Journal of Health Community Services, 2(4), 1–4. Diambil dari https://ejournal.stikesbrebes.ac.id/index.php/jomuse/article/view/111

Terbitan

Bagian

Artikel